Kamis, 22 Desember 2011

Tanggapan dari Tugas Etika Bisnis (2)

Etika Bisnis
Nama : Diana
NPM : 10208370
Kelas : 4 EA 14
Dosen : Supriyo Hartadi



2. Berilah tanggapan dan komentar saudara atas pernyataan dibawah ini : “Bisnis apapun adalah bagian dari sebuah Sistem Sosial dan atas dasar itu mempunyai Hak dan Tanggung Jawab. Kebebasan untuk mengejar tujuan-tujuan ekonomis dibatasi oleh hukum dan tersalurkan melalui kekuatan Pasar Bebas, tetapi tuntutan tersebut bersifat minimal, karena hanya menuntut agar bisnis menyediakan barang dan jasa yang diinginkan,bersaing secara fair dan tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain.”
Jawab :
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dari tanggapan tersebut suatu bisnis apapun itu adalah merupakan bagian dari sistem sosial dan atas dasar itu mempunyai hak dan tanggung jawab untuk memperoleh laba/ keuntungan yang maksimal dengan modal seminimal mungkin. Setiap bisnis berhak untuk mengejar tujuan ekonomis, tuntutan bisnis bersifat minimal tetapi perusahaan yang melakukan kegiatan bisnis akan selalu memaksimalkan kegiatan bisnisnya, bisnis tidak hanya memberikan barang atau jasa yang diinginkan, tetapi dapat memberikan yang pelayana / service terbaik sehingga tercipta kepuasan maksimal bagi bisnisnya. Persaingan bisnis dilakukan secara fair dan tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain sebab didalam bisnis yang sehat akan terlihat dimana bisnis yang layak dijalankan dan tidak maka disanalah bisnis yang layak akan dijalankan dan akan lebih terlihat mutunya dengan penilaian yang diberikan oleh masyarakat.



Referensi
• www.wikipedia.com
• http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
• http://miswans.com/pelayanan-pelanggan.html
• http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1990876-pentingnya-pelayanan-prima-terhadap-pelanggan/#ixzz1ev3S7u32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar